86 views

Cikal Bakal Festival Golok Day Kota Cilegon ”Mendunia”

Spread the love

CILEGON (Persepsi.co.id) – Kepala bidang Kebudayaan Tini Suswatini, menceritakan Sejarah Cikal Bakal berdiri dan terselenggaranya Festival Golok Day Kota Cilegon hingga mendunia. Hal tersebut disampaikannya di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Senin, 29/04/2019.

Tini, memaparkan Profile tentang Golok Day Festival, Golok Day adalah merupakan Event Tematik yang berbasis Kearifan Lokal Budaya Indonesia mengangkat Mahakarya Lokal dengan Citarasa Internasional.

“Gagasan Kegiatan Golok Day sudah digulirkan sejak tahun 2015, inspirasi dari para kasepuhan pendekar/pesilat Kota Cilegon yang prihatin akan minimnya perhatian masyarakat kepada budaya dan warisan tak benda yaitu GOLOK. Berbagai kejadian berupa klem Warisan Tak Benda oleh negara lain, menjadi dorongan kuat untuk merancang sebuah kegiatan dengan konten thematic tersebut.
Pendekar memiliki peran besar dalam memperjuangkan kota cilegon, mulai dari peristiwa Geger Cilegon dan Festival Rampak Kendang Pencak, sampai dengan terbentuknya Kota Cilegon Golok Day merupakan warisan budaya Artefak, tak benda yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan Pendekar Cilegon. Golok tidak hanya milik Pendekar Cilegon, namun juga Pendekar Banten, Pendekar Nusantara Bahkan dunia. Namun sayangnya, belum ada pihak yang secara khusus membuat sebuah kegiatan tematic tentang Golok” jelasnya.

Selain itu, Tini mengatakan hal inilah yang mendasari lahirnya GOLOK DAY FESTIVAL di Kota Cilegon, diselenggarakan oleh keluarga besar Pendekar Cilegon yang tergabung dalam IPSI dan HPPB Kota Cilegon, serta didukung oleh Pemerintah Daerah Kota Cilegon

“Golok Day Festival merupakan moment pertemuan dan ajang silaturahmi antar lintas Pendekar/Pesilat di Indonesia maupun Mancanegara. Saling bertukar informasi, bertukar beragam aliran silat dan memperkuat persatuan dan kesatuan dengan komitmen untuk menjaga NKRI” tuturnya.

Lebih lanjut, Tini menjelaskan bahwa Golok Day Festival selain memiliki kemasan yang menarik sehingga setiap tahunnya ramai dikunjungi oleh masyarakat dari penjuru nusantara.

“Di tahun 2018- 2019 ini, diintegrasikan dengan sentuhan pariwisata dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke kota Cilegon Provinsi Banten – Indonesia” harapnya.

Lanjut, Tini menambahkan Golok Day Festival 2019 tahun ini merupakan pelaksanaan tahun ke 4, akan menjadi Moment bersejarah bagi persatuan pendekar nusantara setelah Lelah melewati tahun politik yang tentunya masing masing memiliki pilihannnya.

“Jadi Cikal Bakal Golok Day Festival adalah Silaturahmi dan Pertemuan Para Pendekar Kota Cilegon di tahun 2015 di acara Festival Rampak Kendang, saat itu 80 tim rampak kendang hadir dari berbagai wilayah di kota cilegon serta dihadiri oleh 800 pendekar Cilegon yang semuanya membawa Golok dan disaksikan oleh 2.000 pasang mata masyarakat disekitar lokasi” tutupnya. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *