Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran

Oleh : Wella Dwi Tarayunita
Pendidikan Sosiologi
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat merangsang fikiran dan
keterampilan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan
pembelajaran.

Salah satu media pembelajarannya yaitu lingkungan, karena lingkungan dapat
dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran,
sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan
pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan
membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar
sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat, dan lain
sebagainya.

Ada beberapa lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber
pembelajaran yaitu lingkungan masyarakat atau lingkungan sosial yang mempelajari tentang
interaksi antar kehidupan bermasyarakat seperti adat istiadat yang ada di masyarakat, sistem
nilai, perubahan sosial dan lain sebagainya. Adapula lingkungan alam yang mempelajari
tentang sumber daya alam, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Dan yang terakhir adalah
lingkungan buatan meliputi bendungan, taman, irigasi dan lain sebagainya.

Salah satu contoh pelajaran yang dapat memanfaatan media dan sumber pembelajaran
berbasis lingkungan masyarakat atau sosial adalah pelajaran sosiologi, karena dalam
pembelajaran sosiologi terdapat materi-materi tentang kemasyarakatan yang meliputi
interaksi sosial, perubahan sosial, gejala sosial, konflik sosial, norma sosial, kebudayaan, adat
istiadat, yang terdapat disuatu masyarakat.

Proses kegiatan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan
cara praktek lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertaya
atau wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih
mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan
yang sebenarnya di dalam masyararakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah
pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi
yang telah di dapat.

Hasil yang di dapat dari kegiatan pembelajaran pemanfaatan llingkungan sosial ini
adalah peserta didik mendapatkan pembelajaran yang berupa faktual, pembelajaran lebih
menarik dan tidak membosankan, peserta didik dapat menambah pengalaman dan teman
baru, serta dapat membantu memecahkan masalah sosial yang terjadi didalam suatu
masyarakat. Maka dari itu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sosial sebagai
media dan sumber pelajaran sangatlah efektif untuk dilakukan dalam pelajaran sosiologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *