Tunjang Kesembuhan Pasien Covid-19, RSUD Dr. Harjono Bentuk Tim Saber Weng Care

PONOROGO (persepsi.co.id)Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Harjono yang merupakan salah satu rujukan rumah sakit dalam penanganan covid-19 di Ponorogo, membentuk Tim Saber (Sistem Asuhan Bersama) Weng (Menemani) Care (Peduli).

Made Jeren, Direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo mengatakan, karena pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit ini lama, pasti mereka merasa jenuh dan bosan. Hal itu bisa mempengaruhi proses penyembuhan.

Karenanya pihak RSUD menambah fasilitas penanganan covid-19 dengan membentuk Tim Saber Weng care, tugasnya adalah mendampingi psikologis dan meningkatkan imunitas pasien sehingga pasien cepat sembuh.

“Kita berfikir mencoba mengintervensi diluar standart, kan kalau yang standart itu diberikan obat dan edukasi, Nah ini diluar itu,” Ungkapnya, Kamis (25/6/2020).

Melalui tim ini pasien covid-19 mendapatkan siraman rohani, diajak berjemur, senam, dan trauma healing dari tim psikolog. Sehingga pasien covid-19 yang kita rawat di rumah sakit ini tidak merasa jenuh dan bosan karena proses perawatannya yang lama.

“Selama perawatan pasien ini cuman tidur diranjang saja itu yang bisa membuat pasien jenuh dan bosen, dengan hadirnya tim ini nantinya pasien bisa mengurangi rasa jenuh dan bosannya saat melakui proses perawatan hingga dinyatakan sembuh,” imbuhnya.

Tim Saber Weng Care ini melibatkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di rumah sakit seperti Dokter paru, Psikiater, Rohaniawan, Instruktur Senam, dan Perawat. Sehingga pasien tersebut juga bisa konsultasi tentang penyakitnya, paikologisnya, kerohaniawannya, semua ini dilakukan melalui video conference, dan untuk aktifitasnya sendiri banyak dilakukan di ruang isolasi.

“Bila nanti tim ini ingin bertatap muka, wajib menggunakan APD lengkap dan berbaju hazmat. Dengan keberadaan tim ini nantinya diharapkan bisa membantu pasien dalam proses kesembuhannya,” pungkasnya. (Kominfo/fdl/Devi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *