Sejahterakan Petani, PT Indo Buana Berkah Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Keuangan

SERANG – Diketahui tahun 2020 Pemerintah provinsi Banten menyediakan dana subsidi bunga sebesar 190 Triliun untuk  program KUR. Hal tersebut dalam upaya mendorong kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional.

Alokasi program KUR tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemberian kredit kepada Usaha Mikro dan Kecil, khususnya di sektor pertanian.

Diketahui luas lahan sawah di Provinsi Banten pada tahun 2018 tercatat sebesar 196.285 hektar, dimana 94,93 persen diantaranya terletak di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang. Akan tetapi pada kenyataannya baru 5 % dari sekitar 47.000 lahan yang baru menerima KUR di Kabupaten Serang.

Melihat rendahnya daya serap KUR di Kabupaten Serang, maka PT Indo Buana Berkah melakukan inisiasi untuk membantu percepatan Akselerasi penyediaan data KUR kepada Bank Penyalur sebagai bagian dari kegiatan “Fasilitasi dukungan Permodalan Pembiayaan Pertanian Bagi Mitra dan/Petani se-Indonesia.

“Adapun rekapitulasi data yang dilakukan oleh PT Indo Buana Berkah didapatkan melalui Dinas Provinsi Banten yang bersumber dari Aplikasi” Sistem Informasi Manajeman Penyuluhan Pertanian “, dimana telah menarik data sebanyak kurang lebih 52.206 Petani dengan luas Lahan 48.152 Ha ,” kata Febrory Hendrydon direktur utama PT Indo Buana Berkah

Melalui proses Cleansing data yang dilakukan dan hasilnya telah di dapat sebanyak 43.036 Petani pemilik lahan dengan total luas lahan sebesar 34.486,33 Ha.

Untuk melancarkan Program Percepatan Fasilitasi Permodalan tersebut , serta program ketahanan pangan yang di canangkan Pemerintah serta peningkatan kesejahteraan petani di masa Pandemic Covid 19 ini, Febrory Hendrydon mengatakan PT Indo Berkah Buana telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Pertanian, BUMD Serang, Gapoktan, Perpadi, dan kelompok Tani Kabupaten Serang .

“Selain itu juga kami telah melakukan kerjasama dengan PT Lembaga Keuangan Mikro Ciomas Serang,” tuturnya.

Kerjasama dengan PT Lembaga Keuangan Mikro Ciomas Serang,katanya telah ditandatangani di Pendopo Kabupaten Serang tanggal 22 September 2020 dan dihadiri oleh Bupati Serang Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah.

Dengan nota kesepakatan tersebut, Direktur utama PT Indo Buana Berkah berharap sinergi antara PT Indo Buana Berkah dan PT Lembaga Keuangan Mikro Ciomas serang dapat meningkatkan kesejahteraan petani,khususnya di kabupaten Serang.

“Kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan petani , melalui program “Fasilitasi dukungan Permodalan Pembiayaan Pertanian Bagi Mitra dan/Petani se-Indonesia ,” ujar Febrory Hendrydon direktur utama PT Indo Buana Berkah. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *