Dindik Kota Serang Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara 2020

SERANG, (Persepsi.co.id) – Dalam rangka untuk membentuk tim paduan suara di Kota Serang, Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang menggelar audisi Gita Bahana Nusantara di Hotel Wisata Baru, Kota Serang, Rabu (19/02).

Kegiatan tersebut digelar untuk mencari bibit-bibit baru dalam tarik suara, dan juga memfasilitas perkembangan keragaman Budaya Daerah Kota Serang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, audisi tersebut untuk merekrut warga kota Serang yang memiliki kelebihan di seni tarik suara.

“Nanti kita kumpulkan menjadi tim paduan suara,” katanya di sela-sela acara.

Wasis menjelaskan, bahwa Audisi Gita Bahana Nusantara bukan kali ini saja di gelar, melainkan digelar setiap tahunnya.

“Jadi tahun ini kita rekrut lagi generasi baru, jadi kita akan latih dan diikutkan lomba dibeberapa event pemkot Serang dan Provinsi Banten,” jelasnya.

Wasis menambahkan, bahwa paduan suara kota Serang pernah menjuarai ditingkatkan provinsi Banten.

“Tim padus kita pernah menjuarai tingkat Provinsi Banten, sedangkan Kalo tingkat nasional bukan bersifat lomba, namun mewakili, dan dari Kota Serang pernah mewakili ke tingkat nasional”, tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Kota Serang Evi Shofiyah Usman, menyampaikan bahwa tahun lalu ada dua perwakilan paduan suara dari Kota Serang untuk mengisi HUT Kemerdekaan Indonesia.

“Jadi ini saya harap dapat menjadi motivasi generasi kota Serang yang memiliki bakat tarik suara dan musik, saya berharap perwakilan dari kota Serang tahun ini semakin banyak di paduan suara kepresidenan,” harapnya.

Untuk program Audisi Gita Bahana Nusantara tahun 2020 bidang kebudayaan menyiapkan 45 peserta, hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran.

“Tapi bagi yang belum ikut tahun ini tetap semangat mudah mudahan tahun depan masih ada kesempatan,” tambanya.

Dalam audisi kali ini, bidang kebudayaan menyiapkan empat kategori suara, yaitu
Seleksi Tenor, Sopran, Alto dan Bas.
Sementara untuk peserta rata rata yang ikut tingkat SMA dan Perguruan tinggi namun tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan ada salah satu peserta yang masih duduk di bangku SMP.

Setelah selesai audisi, pemenangnya akan diikutsertakan di tingkat provinsi dan akan bergabung dengan peserta masing-masing se-provinsi Banten.

Selain itu, bidang kebudayaan bukan hanya mengikutsertakan saja namun, bidang kebudayaan juga telah membuat paguyuban.

“Jadi ketika ada kegiatan menginginkan paduan suara kita sudah punya, Mereka ini kan kita tidak biarkan begitu saja tetapi tetap kita bimbing dan memfasilitasinya dan tentunya siap kita tampilkan di event event kota Serang,” ujar Evi Shofiyah Usman. (Crs/Berto)

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler