Pasien Covid-19 Ponorogo Tambah 3 Orang, 1 Dinyatakan Sembuh

PONOROGO (persepsi.co.id)JUMLAH pasien covid-19 di Kabupaten Ponorogo bertambah 3 orang dan menjadi total 50 orang terhitung Jumat (3/7/2020). Satu pasien dinyatakan sembuh. Disiplin protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sebagai kunci pencegahan penularan virus corona ini.

“Pada Jumat (3/7/2020) ini terdapat penambahan 3 kasus positif covid-19 di Kabupaten Ponorogo,” kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

Pasien tersebut adalah, seorang laki-laki, 56 tahun, warga Kelurahan Ronowijayan, Kecamatan Siman, yang merupakan suami dari pasien terkonfirmasi nomor 41. Pasien ini menyusul istri dan anaknya yang lebih dulu terkonfirmasi positif untuk isolasi di rumah sakit.

Berikutnya adalah seorang perempuan, 41 tahun, warga Patihan Kidul, Kecamatan Siman. Pasien ini merupakan asisten rumah tangga dari pasien nomor 41. Pasien ini tiap hari bekerja paruh waktu di rumah pasien nomor 41, berangkat pagi dan sore pulang ke rumah. Saat ini sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat di rumah dan sekitarnya untuk dilakukan swab.

Pasien positif selanjutnya adalah perempuan, 42 tahun, warga Desa Panjeng, Kecamatan Jenangan. Diterangkan Bupati Ipong, deteksi pasien ini berawal dari suaminya yang meninggal beberapa hari yang lalu di RS dengan keluhan awal sesak nafas dan dugaan awal diagnosa penyakit jantung. Suaminya tersebut meninggal sebelum sempat dilakukan pengambilan swab.

Esoknya, dari warga setempat menginfokan bahwa ternyata almarhum sebelumnya bekerja di Surabaya dan sering bolak-balik Ponorogo – Surabaya. Mengetahui hal tersebut, Dinas Kesehatan melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat almarhum. Hasil yang pertama keluar adalah untuk sang istri dan dinyatakan positif.

“Saat ini dilakukan upaya tracing yang lebih luas mengingat saat pemakaman suaminya, banyak orang yang hadir melayat dan memakamkan,” terangnya.

Di sisi lain, Bupati Ipong menyatakan ada kabar baik. Pasien nomor 22, laki-laki 42 tahun, yang berasal dari Jabung, Kecamatan Mlarak hari ini dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan PCR ke-12 dan ke-13 dinyatakan negatif. Pasien ini adalah ayah dari santri Temboro yang saat ini juga masih dirawat di RS.

“Semoga kedua anaknya yg masih dirawat di RS dan juga 13 orang lainnya bisa segera menyusul sembuh,” ungkapnya.

Tetap diingatkannya untuk sering cuci tangan pakai sabun, memakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain, dan jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Juga agar selalu meningkatkan imunitas tubuh dengan berolahraga dan gembira serta terus berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

“Disiplin protokol kesehatan covid-19 adalah kunci dari status ini. Mari bahu membahu dan bersatu melawan Covid-19. Semoga Allah SWT melindungi kita semua. Aamiin,” pungkas Bupati Ipong. (kominfo/dist/Devi)

Berikut Data kasus covid-19 di Kabupaten Ponorogo per Jumat (3/7/2020):
Total = 50
Sembuh = 32
Isolasi RS = 15
Meninggal = 3

(Red)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *