Jaga Kebersihan Lingkungan, Desa Manunggal Rutin Gelar Gotong Royong

 

SUMUT ( Persepsi. Co. Id) – Demi menciptakan Lingkungan yang bersih, 15 dusun di Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumut  setiap bulan melakukan gotong royong.

Dimana, bulan ini warga Dusun tersebut membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU), rumah rumah ibadah dan berbagai fasilitas umum lainnya.

 

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Manunggal Mukhlisin mengatakan gotong-royongn Ini adalah salah satu kegiatan rutin bulanan dan bergiliran di setiap dusun yang ada di desa manunggal .

Dimana  gotong royong tersebut dilaksanakan biasanya pada hari Minggu pagi sampai batas waktu yang di tentukan.” Karena masyarakat pada hari Minggu tidak bekerja dan tidak ada aktivitas yang rutin seperti hari lainya,” jelanya

Sehingga katanya dimanfaatkan untuk gotong-royong membersihkan fasilitas umum, seperti rumah rumah ibadah tempat pemakaman umum (TPU) dan lorong-lorong jalan. Adapun yang terlibat yaitu kepala dusun (kadus) berserta warganya, Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

“Semua ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keasrian Desa kita, seperti kata pepatah ” kebersihan pangkal kesehatan dan kesehatan adalah sebagian dari iman” Kata Mukhlisin.

 

Ia menjelaskan budaya gotong-royong ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat di Desa Manunggal sejak dulu sampai sekarang ini.

“Saya atas nama kepdes Desa Manunggal berharap agar warga desa tetap bisa menjaga tradisi dan budaya bergotong royong untuk bakti sosial ini dan juga jadikanlah gotong royong ini wadah silahturahmi sesama warga dusun dan masyarakat di desa manunggal ini pada umumnya “Tandasnya”.

 

( Mhd fauzi)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.