DPMPTSP Kota Tangerang Fasilitasi Pendaftaran Izin UMK

TANGERANG – Untuk membantu pelaku UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang menggelar kegiatan Pekan Layanan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bagi pelaku usaha peseorangan.

Layanan izin kepada pelaku UMKM agar usaha yang dimiliki mempunyai legalitas. Selain untuk kepastian hukum, IUMK dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha.

Walikota Arief R. Wismanysah mengatakan, izin UMK yang sudah diterbitkan sebagai legalitas para pelaku UMKM di Kota Tangerang.

“Pemberian IUMK ini dalam rangka HUT ke-28 Kota Tangerang, sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan usahanya agar mendapatkan IUMK sebagai legalitas resmi,”. Kecamatan Cibodas, Senin (15/2).

Pada kesempatan itu, Walikota bersama Wakil Walikota Sachrudin didamping Kepala DPMPTSP Dedi Suhada, membagikan secara langsung IUMK yang sudah jadi kepada pelaku UMKM.

Arief mengatakan, Pemkot Tangerang melalui DPMPTSP memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil perseorangan untuk pendaftaran online secara gratis.

DPMPTSP membantu mendaftarkan dengan memberikan google form ke pelaku usaha untuk bisa didaftarkan melalui OSS.

“Saat ini sudah ada 1.000 UMK yang kami daftarkan dan terus kita terbitkan IUMK dengan gratis,” paparnya.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Dedi Suhada menjelaskan, pemberian IUMK ini sebagai kado dari Pemkot Tangerang. Sehingga, para pelaku UMKM di Kota Tangerang mempunyai legalitas usahanya secara jelas.

“Dengan memiliki IUMK, pelaku UMKM di Kota Tangerang bisa bekerjasama dengan perusahaan besar dan juga bisa bermitra dengan perbankan. Karena dengan IUMK, mereka mendapatkan kepercayaan karena mempunyai legalitas yang pasti untuk bisa mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Dedi menuturkan, pendafataran IUMK ini gratis dan tidak ada pungutan apapun. Syaratnya juga mudah hanya menggunakan KTP-el dan berdomisili di Kota Tangerang.

“Banyak masyarakat yang berfikiran bikinnya susah. Untuk IUMK ini saya pastikan gratis tidak ada pungutan biaya. Tinggal masyarakat lakukan secara online, akan segera diproses,” ujarnya.

Dijelaskan, pelaku usaha dapat mengajukan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara online melalui Online Single Submission (OSS).

Tapi dalam rangka HUT ke-28 Kota Tangerang, DPMPTSP memfasilitasi pendaftarannya. Para pelaku UMKM tinggal mengisi formulir secara online. Nanti petugas DPMPTSP yang akan mendaftarkan ke OSS sampai selesai. (ADV)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *