Diikuti Kader PKK dan Masyarakat Umum, DP3AP2KB Gelar PATBM

KOTA TANGERANG, (persepsi.co.id) – Menguatkan kapasitas masyarakat dalam upaya perlindungan anak. PKK Kelurahan Alam Jaya menggandeng DP3AP2KB menggelar pembinaan dan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), yang diikuti anggota PKK, kader dan sejumlah masyarakat umum, di Kantor Kelurahan Alam Jaya, Kamis (21/10/21).

Ketua PKK Kelurahan Alam Jaya, Ira Sutrati mengungkapkan dalam sosialisasi ini, para peserta diberikan pemahaman akan pentingnya upaya perlindungan anak. Mencegah secara mandiri permasalahan kekerasan terhadap anak yang terjadi di masyarakat. Selain itu, melakukan pembinaan terhadap penyusunan struktur PATBM dari fasilitator dan relawan.

“Pembinaan ini juga mengajak mereka untuk berani menjadi pendamping masyarakat dalam pengembangan PATBM. Karena memang hal ini menjadi salah satu indikator Kota Layak Anak. Ini menjadi program DP3AP2KB yang harus kita perkuat bersama-sama, untuk menjaga anak-anak Kota Tangerang, khususnya anak-anak Kelurahan Alam Jaya,” ungkap Ira.

Ia pun menjelaskan, melalui kegiatan ini para peserta juga dibina untuk lebih berani speakup terhadap kasus-kasus kekerasan yang mungkin saja terjadi di lingkungan masing-masing. Pasalnya, tak sedikit kasus kekerasan pada anak tidak tertangani karena lingkungan yang tak berani atau tak mengetahui harus lapor atau mengadu kemana.

“Dengan itu, kita bentuk PATBM mulai dari tingkat kelurahan, kalau bisa punya kader-kader ditingkat RT – RW. Sehingga, pada saat ada kasus kekerasa, semua bisa diketahui sedini mungkin, ditangani sedini mungkin dan efek-efek yang tidak diinginkan dapat ditanggulangi sedini mungkin,” katanya.(red)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *