Digelar 31 Oktober Mendatang, Pilkades Serentak Jadi Momen Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Serang

Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi saat Rapat Koordinasi Vaksinasi jelang Pilkades Serentak di Aula Tb Suwandi akhir pekan kemarin

Serang, (persepsi.co.id) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Serang akan digelar pada 31 Oktober mendatang. Sebanyak 300 ribu lebih masyarakat yang masuk daftar pemilih tetap atau DPT di 144 desa akan menentukan kepala desa (kades) yang layak di pilih untuk kesejahteraan dan kemajuan wilayahnya.

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, dan pemerintah gencar melakukan percepatan vaksinasi guna menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) untuk memutus penyebaran covid-19. Terlebih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pun sudah mengeluarkan surat edaran agar para calon kades, panitia, dan masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT untuk melaksanakan vaksinasi selain menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat pada pelaksanaannya.

Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi mengatakan, pada momen menjelang pilkades serentak pihaknya pun lebih gencar melaksanakan vaksinasi terutama di desa yang akan melaksanakan pilkades. Tentunya, hal itu dilakukan setelah pelibatan dari OPD-OPD (organisasi perangkat daerah) yang di koordinasikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rachmat Maulana.

“Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Serang secara signifikan meningkat per minggunya, untuk laju vaksinasi ada peningkatan,”ujar Agus melalui keterangan tertulis yang di siarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Ahad, 24 Oktober 2021.

Terlebih momen menjelang Pilkades Serentak 2021, Agus berharap penyelenggaraan pilkades untuk seluruh DPT bisa dilaksanakan vaksinasi secara cepat menjelang Pilkades. “Salah satu upaya Kabupaten Serang dalam percepatan vaksinasi dengan memanfaatkan momen pilkades, jadi mudah-mudahan ada kesadaran masyarakat terutama bagi masyarakat yang mempunyai atau terdaftar di DPT, agar mereka sebelum memberikan hak suaranya terlebih dahulu melakukan vaksinasi di desa-desa yang sudah kita siapkan tenaga kesehatannya,”ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, sebut Agus, sebanyak 300 ribu lebih masyarakat pemilih yang masuk dalam DPT. Diharapkan, bisa mencapai 70 persen target vaksinasi dari jumlah DPT, yaitu bisa dengan cepat mendongkrak capaian vaksinasi di Kabupaten Serang.

“Karena itu untuk minggu ini kita betul-betul mengoptimalkan seluruh tenaga kesehatan agar melaksanakan di desa-desa yang menyelenggarakan pilkades,”papar Agus.

Senada disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana. Kata dia, pemerintah daerah terkait vaksinasi untuk pilkades pihaknya pun sudah mengumpulkan seluruh camat untuk memastikan bahwa setiap kecamatan sudah rencana aksi atau belum. “Karena ini waktunya mepet, kita wajib all out. Kita wajib memasitkan apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan semaksimal mungkin,”ujarnya.

“Nah dengan kita kumpulkan para camat, maka komitmen para camat untuk melakukan upaya yang terbaik mereka dalam kegiatan vaksinasi apakah sudah maksimal atau belum, sudah ada yang mulai ternyata dari rabu pekan kemarin,”tambah Rachmat.(tor)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *