Juara 2 Kategori Capaian Pelayanan KB Modern Regional I, BKKBN Banten Beri Penghargaan Mitra Kerja Pada TMMK Award 2022

KOTA SERANG, (persepsi.co.id) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten menggelar koordinasi bersama mitra kerja dalam intensifikasi pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Fasilitas Kesehatan (Faskes) melalui kegiatan momentum TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu (TMKK) Award tahun 2022.

Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para mitra khususnya TNI dan OPD KB terhadap capaian hasil Pelayanan KB Terintegrasi.

Hadir dalam kesempatan Perwakilan Korem 064/Maulana Yusuf Serang, Korem 052 Wijayakrama, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banten, DP3AKKB Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, PD IBI beserta PC IBI Kabupaten/Kota, OPDKB Kabupaten/Kota, DPD IPeKB beserta DPC IPeKB Kabupaten/Kota.

Disampaikan oleh Sub Koordinator Bina Kesertaan KB jalur Pemerintah dan Swasta BKKBN Provinsi Banten, Supriyatna dalam laporannya mengatakan pemberian apresiasi dan penghargaan TMKK Award 2022 secara khusus bertujuan Penguatan kemitraan antara BKKBN dengan Mitra Kerja, khususnya TNI dan OPD KB Kabupaten Kota, Meningkatkan cakupan pelayanan KB di Kab/Kota melalui intensifikasi pelayanan KB pada kegiatan momentum, Menurunkan tingkat putus pakai alat kontrasepsi.

Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, dr. Nurizky Permanajati, M.H mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 September 2022.

Dikatakan oleh Nurizky bahwa Pelayanan KB Terintegrasi dengan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu ini merupakan salah satu implementasi Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

”BKKBN Banten mendapatkan apresiasi atas capaian hasil pelayanan KB, sesuai dengan Keputusan Kepala BKKBN Nomor 3842/Kep/E3/2022 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Pelayanan Keluarga Berencana TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Kolaborasi BKKBN dan TNI dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022. Dari target 201.639 akseptor yang telah ditetapkan BKKBN Pusat, Provinsi Banten berhasil meraih Juara 2 kategori Capaian Pelayanan KB Modern Regional I (dengan Target 140.000 s.d 626.000) dengan capaian target 118,09%,” ujarnya.

Capaian tersebut merupakan bukti kerja keras dan kerja cerdas BKKBN Provinsi Banten dengan TNI dan mitra kerja lainnya yang terus bergotong royong melaksanakan berbagai program.

“Tentu muara dari ini semua adalah penurunan stunting di Banten,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ia mengatakan pencegahan stunting baiknya dilakukan dari hulu, salah satunya dengan Empat Terlalu (4T) adalah Terlalu Muda, Terlalu dekat, Terlalu Tua, Terlalu banyak, karena dengan mengatur jarak kehamilan dan jumlah anak , orang akan lebih fokus terhadap pola pengasuhan serta asupan gizi keluarga beresiko stunting, mulai dari anak remaja puteri/calon pengantin, Ibu Hamil, Ibu Pasca Salin, Anak Baduta (0-23 bulan), anak Balita (24-59 bulan).

Sementara itu, Pasi Bakti TNI Siter Ren 064/MY, Mayor Gimin sangat bangga atas terpilihnya Korem 064/MY sebagai Korem terbaik pada TMKK Award 2022. “Saya sanga mengapresiasi BKKBN Banten atas terselenggaranya TMKK Award 2022 ini, kami dari Korem 064/ MY mendukung penuh dan berkomitmen untuk terus membantu BKKBN dalam melaksanakan program Bangga Kencana dan Percepatan penurunan stunting di Provinsi Banten,” tutur Gimin

“TNI akan selalu siap mendukung program BKKBN Provinsi Banten karena TNI itu tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan kemasyarakatan dan program BKKBN juga merupakan tugas kami,” pungkasnya.

Berikut daftar peraih penghargaan dalam TMMD awards 2022:
– Korem terbaik : Korem 064/Maulana Yusuf
– Babinsa terbaik: Peltu Kusdi Babinsa Koramil 11/Pasar Kemis
– Fasyankes TNI terbaik: Balai pengobatan Lanal Banten

Capaian pelayanan KB tertinggi:
– Juara 1: DPPKB Kabupaten Tangerang dan Kodim 0510/Tigaraksa Kabupaten Tangerang
– Juara 2: DP3AP2KB Kota Tangsel dan Kodim 0506/Tangerang
– Juara 3: DP3AP2KB Kabupaten Lebak dan Kodim 0603/Lebak

Peserta aktif dalam kegiatan TMKK:
– Korem 052/Wijayakrama

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.