Di Era Digitalisasi 4.0, Pekerjaan Semakin Mudah dan Pelayanan Semakin Cepat

Belakangan ini kata Industry 4.0 sering digemakan oleh banyak orang. Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti apa itu Industry 4.0 dan bagaimana hal tersebut akan memberikan sumbangsih terhadap kemajuan Indonesia.

Istilah Industry 4.0 pertama kali digemakan pada Hannover Fair, 4-8 April 2011. Istilah ini digunakan oleh pemerintah Jerman untuk memajukan bidang industri ke tingkat selanjutnya, dengan bantuan teknologi.

Mengutip dari laman Forbes, revolusi industri generasi keempat bisa diartikan sebagai adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Hal ini digerakkan oleh data melalui teknologi machine learning dan AI.

Era digitalisasi ini sangat membantu kehidupan manusia, apalagi perusahaan-perusahaan yang ada di dunia. Namun, di era digital ini teknologi telah mengubah cara kerja perusahaan secara signifikan.

Apalagi, dengan adanya pandemi COVID-19 lalu, semakin mempercepat transformasi digital tersebut di banyak perusahaan. Sehingga perusahaan harus beralih ke solusi digital untuk mengelola sumber daya manusia mereka atau disebut dengan digitalisasi pengelolaan SDM.

Seperti hal-nya BPJS Ketenagakerjaan, melalui perkembangan teknologi ini sangat banyak membantu dalam menjalankan pekerjaan. Bukan saja membantu pekerjaan bagi karyawan BPJS Ketenagakerjaan, tetapi berkat adanya teknologi ini dapat memberikan kemudahan pelayanan bagi seluruh peserta BPJAMSOSTEK.

Berkat perkembangan teknologi ini, pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan yang mudah dan praktis dapat dilakukan melalui outlet bank, ATM bank, internet atau online banking, autodebet, dan pembayaran instan seperti Gopay, ShopeePay, atau QRIS.

Bukan itu saja, bahkan saat ini atas perkembangan teknologi kini para peserta BPJS Ketenagakerjaan semakin mudah melakukan klaim melalui online tanpa harus ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu, menggunakan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui Lapak Asik maupun aplikasi JMO.

1. Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik

– Kunjungi lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

– Isi data seperti NIK, nama lengkap, dan nomor kepesertaan.

– Sistem akan verfikasi data otomatis terkait kelayakan klaim.

– Setelah verifikasi, peserta akan diarahkan untuk melengkapi data sesuai instruksi yang tampil pada portal.

– Unggah dokumen persyaratan.

– Peserta yang berhasil menyelesaikan proses akan menerima notifikasi berisi informasi jadwal dan kantor cabang.

– Peserta akan dihubungi melalui video call untuk proses wawancara sesuai jadwal pada notifikasi. Jangan lupa siapkan berkas asli saat wawancara.

– Proses selesai dan manfaat JHT akan dicairkan ke nomor rekening bank yang telah dilampirkan.

2. Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi JMO

– Buka aplikasi JMO.

– Pilih menu ‘Jaminan Hari Tua’.

– Pilih menu ‘Klaim JHT’.

– Jika BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan tiga centang hijau pada informasi persyaratan pengajuan klaim, lalu pilih ‘Selanjutnya’.

– Pilih salah satu alasan pengajuan pencairan klaim, lalu pilih ‘Selanjutnya’.

Periksa data kepesertaan yang muncul di layar hp. Jika sudah benar, lalu pilih ‘Sudah’.

– Lakukan swafoto dengan menekan ‘Ambil Gambar’ sesuai ketentuan yang diinformasikan BPJS Ketenagakerjaan.

– Lengkapi data berupa NPWP dan rekening bank yang aktif untuk pencairan. Jika sudah, pilih ‘Selanjutnya’.

– BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan rincian saldo JHT yang dapat diklaim, lalu pilih ‘Selanjutnya’.

– Periksa kembali seluruh data yang muncul. Jika sudah benar, lalu pilih ‘Konfirmasi’.

– Pengajuan klaim JHT berhasil. Peserta hanya perlu menunggu pembayaran masuk ke rekening bank yang telah diberikan.

– Jika ingin memeriksa pengajuan klaim sudah diproses atau belum, bisa lihat di menu ‘Tracking Klaim’.

Untuk itu, kita harus mensyukuri dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Karena teknologi sangat membantu kehidupan manusia. Terkhusus, bagi sumber daya manusia di lingkungan BPJS Ketenagakerjaan, berkat perkembangan teknologi pekerjaan semakin mudah serta pelayanan semakin cepat.

Penulis:

Dodi Rachman Saputra

Kabid Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang