Mantap..!! Kodim 0320/Dumai Amankan 9 WNI Pendatang Non Prosedural Asal Malaysia

DUMAI, (persepsi.co.id) – Mantap..!! Acungan jempol patut diberi kepada Personil Kodim 0320/Dumai, karena telah berhasil mengamankan 9 orang pendatang non prosedural warga Indonesia asal Malaysia, saat mereka ingin kembali pulang ke kampung halamannya, pada Sabtu (6/4/2024) subuh pukul 05.00 WIB di pantai Selinsing Kecamatan Medang Kampai.

 

Tertangkapnya kesembilan pendatang non prosedural tersebut berkat kesigapan personil Kodim 0320/Dumai bersama Tim.

 

Tak hanya 9 pendatang, turut diamankan 1 unit mobil minibus Toyota Calya beserta juru mudi nya (supir), diduga akan digunakan sebagai sarana transportasi untuk pulang ke kampung halaman mereka.

 

Berdasar penggeledahan yang dilakukan petugas, dari 9 pendatang ilegal tersebut, turut diamankan beberapa KTP, SIM C, ID Card Malaysia dan paspor Indonesia yang telah habis masa berlakunya.

 

Hal ini diungkap Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Anthony Tri Wibowo saat memimpin press release di ruang rapat Makodim 0320/Dumai, Sabtu (6/4/2024) siang.

 

“Kepulangan mereka ini (9 pendatang ilegal-red) berdasar pengakuan mereka kepada penyidik, adalah untuk kumpul bersama keluarga di kampung halaman nya merayakan Idul Fitri 1445 H/2024 M,” tutur Dandim Letkol (Inf) Anthony Tri Wibowo, didampingi Pasi OPS Lettu (Arh) Zulkifli dan Petugas Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

 

Disampaikan mantan Danyon 122/Tombak Sakti Siantar ini, untuk pengungkapan siapa tekong (dalang) yang telah memfasilitasi kepulangan mereka dari Malaysia hingga ke Selinsing, hingga saat ini masih dalam proses pendalaman.

 

“Begitu juga keterlibatan masyarakat Selinsing yang turut serta membantu kepulangan mereka, masih kami selidiki,” ujar Anthony Tri Wibowo.

 

Untuk selanjutnya, kesembilan pendatang non prosedural tersebut akan diserahkan ke BP2MI Dumai, yang beralamat di Jayamukti. Nantinya, oleh BP2MI mereka semua akan difasilitasi pulang ke kampung halamannya oleh BP2MI, usai didata.

 

“Untuk supir minibus, kami akan serahkan ke Polres Dumai, guna mengikuti proses hukum,” kata Anthony Tri Wibowo.

 

“Jelang lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M ini, kami menghimbau masyarakat Dumai untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Terutama bagi masyarakat yang meninggalkan rumah kediamannya. Silahkan berkoordinasi dengan petugas keamanan atau kepolisian jika mau menitipkan rumah atau barang berharga. Bagi yang pulkam menggunakan kendaraan pribadi, jaga kesehatan dan berhati-hati di jalan,” pesan penutup dari Anthony Tri Wibowo.

 

Diketahui, 9 orang pendatang tersebut akan pulang ke kampung halaman di Aceh, Painan Pariaman Sumbar, Pantai Cermin Sumut dan Jambi.

 

(ES)

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler