Penyembelihan Hewan Kurban di Rutan Kelas IIB Serang: Momentum Kebersamaan dan Kepedulian

SERANG, (Persepsi.co.id) – Rutan Kelas IIB Serang kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Acara ini berlangsung dengan lancar dan penuh makna, melibatkan seluruh warga binaan dan petugas rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Serang, Bapak Prayoga Yulanda, menyampaikan bahwa penyembelihan hewan kurban di rutan merupakan tradisi tahunan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian di antara warga binaan. “Idul Adha adalah saat yang tepat untuk berbagi dan menunjukkan solidaritas. Kami ingin warga binaan merasakan kebahagiaan dan kehangatan dari perayaan ini,” ujar Prayoga.

Pada tahun ini, Rutan Kelas IIB Serang berhasil mengumpulkan tiga ekor sapi dan tujuh ekor kambing dari donasi berbagai pihak, termasuk keluarga besar petugas rutan, lembaga dan beberapa organisasi kemanusiaan. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di lapangan rutan setelah pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Daging kurban ini kami olah menjadi berbagai masakan lezat dan bergizi sebagai tambahan lauk pauk untuk dinikmati seluruh warga binaan,” ujar Prayoga.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda pada hari istimewa ini, sehingga mereka dapat merasakan kebahagiaan dan kenikmatan Idul Adha meskipun berada di dalam rutan. Proses pengolahan dilakukan dengan cermat oleh tim dapur kami, yang berusaha menghadirkan hidangan istimewa seperti rabeg dan gulai untuk seluruh warga binaan.

Proses penyembelihan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Bapak Dodot Adikoeswanto beserta Jajaran Kanwil Kemenkumham Banten.

Daging hewan kurban kemudian dibagikan kepada seluruh warga binaan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan. Pembagian daging kurban ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu memenuhi kebutuhan gizi warga binaan dan masyarakat yang kurang mampu.

Salah satu warga binaan, Apatar (nama samaran), mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan ini. “Kami merasa sangat terbantu dan bersyukur bisa menikmati daging kurban. Ini adalah pengalaman yang sangat berarti bagi kami,” ujarnya.

Acara penyembelihan hewan kurban ini diharapkan dapat terus dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian dari upaya pembinaan dan pemberdayaan warga binaan di Rutan Kelas IIB Serang. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan warga binaan dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha dan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler