Pemkot Serang Terima Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Terhadap Raperda RPJPD Kota Serang

KOTA SERANG, (Persepsi.co.id) – Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Serang, Rabu 26 Juni 2024. Digelar agenda rapat paripurna tentang penyampaian pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda RPJPD Kota Serang.

Rapat paripurna kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Roni Alfanto dari Nasdem dan Hasan Basri dari PKS.

Dalam wawancara dengan Kepala Bappeda Kota Serang Ina Linawati yang disinggung soal fokus dalam penyusunan RPJPD tahun 2025-2045, ia mengatakan ingin mensinkronisasikan rancangan.

“Terkait fokus kita yaitu tentang sinkronisasi dari dokumen RPJPN dan RPJPD-nya Provinsi Banten, yang saat ini semuanya pun masih disusun”, ucap Kepala Bappeda.

Kemudian ditanya terkait program prioritas Kota Serang, ia menegaskan tidak ke program kerjanya melainkan arah kebijakannya dan sasarannya.

“Bicara program prioritas, kalau bicara rencana pembangunan jangka panjang 20 tahun. Itu kita bicaranya di dalamnya adalah arah kebijakan dan sasaran pokok terkait dengan pembangunan selama 20 tahun”, tegasnya.

Ia menambah apa pedoman RPJPD Kota Serang.

“Apa-apa saja tentunya tidak boleh lepas dari pedoman RPJPN dan RPJPP Banten”, imbuhnya.

Disinggung apakah ada perubahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Serang, ia mengatakan tidak ada.

“RTRW itu engga, itu kita masih mengacu pada RTRW perubahan, yaitu perubahan kemudian penetapan”, ujarnya.

Ia menjelaskan apa yang sudah dilakukan untuk RTRW.

“Kita baru satu kali melakukan perubahan yang ketentuannya lima tahun. Kita menggunakan itu sampai nanti tahun 2040 RTRW yang sudah dibahas itu dan penetapannya tahun 2020 menjadi Perda 8 tahun 2020”, jelasnya.

Kemudian terkait program yang tidak terealisasi apakah akan dimasukan kembali, ia mengatakan arah kebijakan dan sasaran selama 20 tahun.

“Bicara rencana pembangunan jangka panjang 20 tahun itu tidak bicara program kegiatan dan sub kegiatan tapi arah kebijakan dan sasaran yang mengarah selama 20 tahun. Tentunya kita mendukung program pemerintah terkait dengan Indonesia emas di tahun 45 nanti”, ungkap Ina Linawati.

Terakhir apa saja yang disesuaikan dengan isu strategis dan permasalahan yang ada di Kota Serang. Ia mengatakan baru rancangan, visi dan misi.

“Rancangan kita sudah punya, visi misi kita sudah punya”, ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan ini masih proses dan pada tahap pembahasan.

“Nanti akan dibahas kemudian, ini kan sudah disampaikan dan akan dibahas melalui pembentukan Pansus, kemudian dibahas dengan Pemerintah Kota Serang”, tutup Kepala Bappeda Ina Linawati. (*)

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler