Rangkaian Hari Bhayangkara ke-78, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadiri Pergelaran Wayang Kulit

Jakarta, (persepsi.co.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri pergelaran wayang kulit dengan lakon ‘Tumurune Wiji Sejati’ yang digelar Polri sebagai rangkaian Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024) malam.

 

“Kita menghadiri nonton wayang bersama dalam rangka memperingati HUT ke-78 Bhayangkara, banyak hal yang menginspirasi dari pertunjukan wayang ini,” ungkap Al Muktabar usai menghadiri pergelaran wayang kulit, Sabtu (6/7/2024) dini hari.

 

Dikatakan, pertunjukan wayang merupakan salah satu budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan bersama-sama. Lantaran wayang memiliki nilai-nilai yang dapat memandu dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Tentu kita bangga atas budaya tersebut dan ini (pertunjukan wayang, red) penuh dengan sistem nilai yang perlu kita jaga,” katanya.

 

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, pergelaran wayang kulit dengan mengangkat lakon ‘Tumurune Wiji Sejati’ tersebut. Mengandung makna sebagai lahirnya simbol keadilan dan keberanian yang memiliki kaitan dengan pelayanan publik.

 

“Kita melaksanakan rangkaian HUT ke-78 Bhayangkara dengan melaksanakan pergelaran wayang kulit dengan judul Tumurune Wiji Sejati, yang artinya turunnya tunas ataupun biji yang sejati yang unggul. Yang mengandung makna lahirnya suatu simbol yang terkait dengan keberanian, keadilan, kejujuran dan berkaitan dengan hal-hal yang dipersyaratkan dengan pelayan publik,” ujarnya.

 

Selanjutnya, Sigit berharap kepada jajarannya untuk dapat mengambil filosofi dari lakon pada pergelaran wayang kulit tersebut. Serta mengimplementasikannya bersama dengan TNI dan aparat penegak hukum lainnya dalam melaksanakan tantangan tugas ke depannya, diantaranya dalam melakukan pengamanan pada Pilkada serentak 2024.

 

“Kita akan menghadapi Pilkada yang membutuhkan sinergitas antara seluruh stakeholder dengan masyarakat sehingga penyelenggaraan Pilkada 2024 bisa aman dan stabilitas dapat terjaga,” katanya.

 

“Harapan kami, Polri bisa melayani masyarakat dengan lebih baik lagi dan ini menjadi bagian evaluasi serta masukan untuk terus pembenahan,” pungkasnya.

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler