DKP Provinsi Banten Optimis 220 Ribu Ton Ikan Tangkap dan Budidaya

Banten,(persepsi.co.id)– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten saat ini tengah mengenjot hasil tangkap ikan para nelayan di Provinsi Banten.

Kepala DKP Provinsi Banten Eli Susiyanti  mengatakan, di tahun 2024 ini pihaknya menargetkan produksi sebanyak 220 ribu ton ikan tangkap dan budidaya. Target tersebut optimis tercapai dengan kondisi iklim yang cukup baik untuk tangkap dan budidaya ikan.

“Alhamdulillah kondisi iklim di 2024 cukup baik dan diyakini akan sangat berpengaruh terhadap tangkap dan budidaya di 2024. Insya Allah target tangkap dan budidaya 220 ribu ton ikan dapat tercapai,” ujar Eli Susiyanti, berapa waktu lalu.

Eli mengatakan, dalam mengenjot target itu maka pihaknya di tahun 2024 ini memiliki beberapa program unggulan yang berfokus pada peningkatan produktifitas nelayan yaitu membangun sarana dan prasarana.

Program tersebut, seperti bantuan alat tangkap kepada nelayan, termasuk dengan bantuan benih unggul kepada pembudidaya ikan.

“Iya bantuan jenisnya bantuan alat tangkap, dan benih unggul.

Selain itu untuk meningkatkan produktifitas dari para nelayan, pihaknya juga ingin hasil budidaya ikan para nelayan di Banten dapat bernilai ekonomis tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian para nelayan itu sendiri.

Maka dari itu, DKP Banten melakukan diversifikasi kepada para Unit Pengolah Ikan (UPI).

Eli menuturkan, tahun 2023 produksi tangkap dan budidaya ikan hanya mencapai sekitar 190 ribu ton. Capaian tersebut nyatanya masih belum memenuhi target yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem.

“Kendala karena cuaca ekstrim mengakibatkan, para nelayan tidak bisa melaut, dan lainnya karena sarana dan prasaran yang kurang memadai,” Ujarnya.(Adv)

Sharing is Caring

Baca Juga

– Advertorial –

Berita Terpopuler