SERANG, (Persepsi.co.id) – Situasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang tampak berbeda dari sebelumnya. Biasanya, sangat banyak antrian peserta yang mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.
Namun, melalui gerakan SENYUM 30 (SEmua meNYapa Untuk Melayani 30 Menit) yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang terlihat situasinya semakin baik bahkan seluruh peserta yang datang merasa terlayani.
Dari pantauan awak media pada Rabu (02/20) pukul 08.30 WIB, terlihat beberapa karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang turut serta menyambut peserta di halaman BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang. Kedatangan para peserta ini langsung disambut secara humanis dan langsung dilakukan pelayanan di halaman kantor tersebut.
Pungut Sudarto salah satu peserta yang datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang mengapresiasi pelayanan yang diberikan. Ia mengaku pelayanan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang sangat cepat. “Hari ini saya datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Serang untuk melakukan pengkinian data. Alhamdulillah prosesnya cepat, langsung di layani,” ucap Pungut Sudarto.
Ia menyebutkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh seluruh petugas BPJS Ketenagakerjaan sangat ramah. “Tapi kalo masalah antrian wajar, karena dimana-mana antri. Makan aja antri, intinya kita harus sabar. Dan tadi saya merasa sangat dilayani, dari security sampai petugasnya sangat ramah,” ungkapnya.
Hal senada juga dikatakan Faridhotul Djanah. Ia sangat puas dengan pelayanan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang. “Sungguh memuaskan. Tadi saya mengklarifikasi JMO saya. Alhamdulillah dibantu oleh petugas disini sehingga bisa lancar. Dan untuk pelayanannya saya sangat puas sekali dan bisa cepat pulang,” ujarnya.
Selain itu, Marzuki yang juga peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sedang mengklaim JHT-nya merasa puas atas layanan yang diberikan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.
“Petugas-petugas disini semuanya sangat care, cepat tanggap, apa aja yang ditanyakan dilayani. Saya merasa puas, pelayanannya bagus,” kata Marzuki.
Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang, Achmad Fatoni mengatakan gerakan SENYUM 30 ini merupakan bentuk upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta BPJamsostek.
“Layanan SENYUM 30 ini merupakan upaya kita dalam meningkatkan customer journey melalui pemberian layanan yang cepat kepada peserta,” kata Fatoni.
Fatoni juga menambahkan layanan SENYUM 30 ini juga sebagai mitigasi terjadinya antrian panjang di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.
“Dan gerakan SENYUM 30 ini kita lakukan setiap hari usai morning briefing. Dimana karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang akan berperan sebagai ranger atau Branch Service Assistant (BSA) untuk memberikan pelayanan kepada seluruh peserta yang datang ke kantor cabang,” ujarnya.
“Jadi, ranger atau Branch Service Assistant (BSA) ini tugasnya untuk memberikan informasi mengenai informasi dasar klaim, konfirmasi status klaim, informasi dasar kepesertaan, pengaduan dan asistensi JMO. Sehingga melalui gerakan ini dapat memberikan pelayanan yang cepat sehingga mencegah terjadinya antrian di kantor cabang,” ungkap Fatoni.
Terakhir, Fatoni berharap melalui gerakan SENYUM 30 ini seluruh peserta yang datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang dapat terlayani dengan baik. (BP)